Selasa, 13 Agustus 2013

Menulis Karya Ilmiah Pendidikan

Menulis Karya Ilmiah Pendidikan - dunia pendidikan memang selalu memberikan banyak kejutan. Kita diharuskan menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif terutama dalam bidang bahasa indonesia. Mempelajari bahasa indonesia tentunya kita juga akan menemukan tentang karya ilmiah. Kemudian karya ilmiah ini banyak digunakan untuk bidang lainnya seperti matematika, biologi, atau penemuan lainnya. Ya, dengan adanya materi karya ilmiah dalam pendidikan sangat memudahkan kita seterusnya apabila suatu saat kita disuruh membuatnya.

Nah, untuk memudahkan anda semua sebelum anda hendak membuat contoh karya tulis ilmiah pendidikan anda, dibawah ini kami ingin sedikit share tips dan trik dalam membuatnya. Check this out !
menulis

Kaidah Penulisan Karya Ilmiah
  • Sistematis, artinya penulisan karya ilmiah haruslah dinuat mengikuti sistematika penulisan yang sudah digariskan. Setiap karya ilmiah sistematikanya tidaklah sama. Contohnya, dalam penelitian kuantitatif kita biasa memakai hipotesis dan definisi operasional, sedangkan dalam penelitian kualitatif tidak diperlukan.
  • Logis, artinya dapat dinalar. Tulisan ilmiah sudah seharusnya jika dapat dipahami oleh akal pembacanya, bukan berisi pembahasan yang absurd ataupun penuh mitos.
  • Cermat, artinya karya ilmiah yang dibuat tidak ditulis secara sembarangan. Bukan hanya harus sesuai dengan aturan yang ada, tetapi isinya juga tidak boleh dibuat tanpa dasar pemikiran yang jelas.
  • Bahasanya baku, semua tulisan ilmiah wajib memakai bahasa baku dan istilah-istilah baku.

Teknik Menulis

  • Pergunakanlah kalimat-kalimat pendek. Sebaiknya hindari tulisan-tulisan panjang yang bertele-tele, buatlah kalimat-kalimat pendek yang jelas, tepat dan teratur, agar mudah dipahami pembaca.
  • Pilihlah kata-kata yang lebih umum dan sering dipakai. Tujuannya supaya pikiran atau ide Anda dapat ditangkap dengan jelas oleh pembaca.
  • Jangan memakai kata-kata rumit. Tak perlu menulis kata-kata rumit yang membingungkan, dalam tulisan ilmiah yang terpenting adalah pemahaman pembaca atas apa yang anda tulis.
  • Hindari kata yang tidak perlu, karena menghambur-hamburkan kata dalam sebuah penulisan adalah sia-sia.
  • Menulislah seperti jika Anda sedang berbicara pada seseorang. Bahasa yang lebih ramah, menyenangkan dan membuat nyaman pembaca Anda.
  • Tulisan tidak boleh monoton, datar dan sepi. Harus ada variasi lain dalam kata, kalimat atau ungkapan-ungkapan lain.
  • Menulislah untuk dipahami bukan untuk menunjukkan kepintaran Anda. Tak perlu menyombongkan diri dalam tulisan, sebab itu justru membuat pembaca malas dan bingung ketika membaca karya ilmiah Anda. (courtesy of : anneahira)
Nah, intinya adalah anda harus mampu untuk membiasakan diri untuk belajar menulis. Suka tidak suka, tentunya ini adalah untuk keperluan anda sendiri. Sekian informasi yang dapat kami share untuk anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar